Friday, April 14, 2006

Sudoku. Aku?

"So, do you Sudoku? It's the hot new...game." —New York Post, 6 April 2005
"It's Sudoku—a...crossword without words that has consumed the country." —AP, 24 Mei 2005
"For years local readers know it as "9x9" rather than sudoku". —The Nation, Thailand, 9 Nopember 2005
"It doesn't matter what else New Zealanders are doing, they're certainly doing Sudoku,"New Zealand Herald, 6 Maret 2006
"Sudoku is Here! America's Hottest Puzzle. Every week in LIFE" —www.life.com



Sudoku adalah permainan asah-otak, asah-logika, disajikan di koran-koran, buku dan internet. Tampilannya sederhana: bujursangkar terdiri dari tiga kali tiga kotak, masing-masing kotak terbagi lagi menjadi tiga kali tiga sel. Setiap sel diisi angka 1 sampai 9. Setiap soal Sudoku hanya mempunyai satu solusi, namun mempunyai variasi yang tak terhingga.

Nikoli, sebuah penerbit di Jepang, menyatakan Sudoku sebenarnya penyederhanaan kalimat bahasa Jepang "Suuji wa dokushin ni kagiru," yang berarti "terbatas hanya angka tunggal", sedangkan SU berarti angka dan DOKU berarti tunggal.

Nikoli pertama kali melihatnya di majalah Amerika, Dell Puzzle Magazines, sebutannya "Number Place." Puzzle Number Place ini hasil karya seorang arsitek, Howard Garns, di tahun 1979, terinspirasi oleh Latin Square
, sebuah konsep matematika temuan Leonard Eulers, warga Swiss, pada 1783.
Sejak 1984 Nikoli menerbitkan Sudoku. Tidak ada sambutan berarti. Dua tahun kemudian aturannya diubah lebih menantang: susunan angka harus memiliki pola-pola simetris. Dan Sudoku pun menjadi hit. Total sirkulasi lima majalah Sudoku di Jepang mencapai 600.000 setiap bulan.
1997, seorang warga Inggris, pensiunan hakim Hongkong, Wayne Gould , membeli buku-buku Sudoku di Tokyo. Disusunnya sebuah program untuk mengeluarkan soal-soal Sudoku secara instan. Berhasil diselesaikannya pada 2003,


20 tahun sejak istilah Sudoku lahir di Jepang, 25 tahun setelah permainan Number Place lahir di Amerika, Wayne Gould berhasil membujuk koran Inggris, The Times, untuk memuatnya seputar Nopember 2004. Tiga hari kemudian, The Daily Mail mengikuti jejak rekannya.

Sudoku mulai mewabah di Inggris.
The Telegraph mencoba menyajikan Sudoku produknya sendiri di awal tahun 2005, produsernya sampai kewalahan menerima 60.000 email karena sudoku yang disajikan ternyata mempunyai solusi lebih dari satu.

Lalu "sudoku craze" pun menjalar ke segala penjuru dunia. 222 tahun setelah Latin Square.
Wayne Gould, sendirian saja menyuplai ke 140 suratkabar dunia. Belum lagi master-master sudoku lain yang terus bermunculan. Koran-koran Ingris : Daily Mail, Telegraph, Times, Guardian, dan Independent, masing-masing menerbitkan kumpulan soal-soal sudoku dalam beberapa seri buku. Di Amerika Serikat buku-buku Sudoku masuk top ten best-seller. Di amazon.com, toko buku on-line terbesar, ada 314 judul buku Sudoku. Hanya di Inggris, dua juta buku sudoku terjual dalam kurun kurang setahun (Reuters, 22 Oktober 2005).

Internet pun semakin ramai. Situs-situs baru bermunculan, menyajikan soal sudoku maupun informasi lain, baik sejarah, cara-cara penyelesaian, bahkan software untuk komputer maupun handphone. Jika tahun lalu kita ketikkan "sudoku" di Yahoo atau Google, hasil pencarian yang diberikan hanya puluhan. Hari ini, 11 April 2006, Yahoo merespons hampir 36 juta, sedang Google memberi hasil pencarian lebih dari 93 juta.

Ini fenomena tersendiri. Bukan computer game dengan tampilan grafis memikat. Hanya sebuah puzzle sederhana. Dalam kurun satu tahun bisa merambah seluruh benua, disukai tua muda. Hampir semua koran nasional di setiap negara menyajikan Sudoku.
Ada yang menyebutnya sebagai Rubik's Cube abad 21, mengacu pada popularitas permainan asal Rusia pada 1980-an.

Daya tarik Sudoku adalah kesederhanaannya. Pemain hanya mengisi setiap sel dengan angka 1 sampai 9 tanpa tertulis dua kali dalam lajur-lajur dan kotak yang sama. Tidak ada penjumlahan atau hitungan apa pun.
Hanya bersandar pada logika dan sebab-akibat. Ada yang menghitung untuk sudoku ukuran 9x9, variasi dengan satu solusi berjumlah
6.670.903.752.021.072.936.960. Bagaimana melafalkannya? Andai solusinya disusun secara simetris, diperoleh 5.472.730.538 variasi.

Dari berbagai sumber diperoleh data penyebaran awal Sudoku khusus di Asia dimulai di Hindustan Times (India - Mei 2005), The Star (Malaysia - Juni 2005), Apple Daily (Hongkong - Agustus 2005), Sport Hankook (Korea Selatan - September 2005), New Paper (Singapura - Oktober 2005).

Di Indonesia?
Kompas 24 Oktober 2005 mengabarkan: Wayne Gould menebar wabah Sudoku, Intisari edisi Januari 2006, menulis Sudoku, Kotak Ajaib yang Mewabah namun Indonesia tak juga terjangkiti.
27 Pebruari 2006, di Sudoku Players' Forum, Punky —mengenal sudoku saat tinggal di Australia— mengeluh tidak menemukan satu pun media cetak Indonesia yang memuat Sudoku.
Dan muncul pertanyaan pengelola forum :
Why would they not want Sudoku?!

Jawabannya mungkin karena tidak ada yang menawarkan. Para pemain Sudoku Indonesia masih di bawah permukaan, mengandalkan internet dan mencetak sendiri lewat komputer untuk di perjalanan. Belum ada media cetak yang memberi soal-soal Sudoku. Belum terdengar ada lomba Sudoku.
Buku? Kalau tidak salah di Gramedia banyak buku impor.
[indra]

Ada yang punya informasi lain?

Gabung ya di Sudoku Indonesia Group

Salam Sudoku

3 comments:

cicie said...

Aku juga suka, lho.
Moga-moga cepet berkembang deh. Biar ada lawan... :D

Maha said...

Sudoku. Aku. Adakah Aku dalam Sudokumu? Hallaaah! Ntar. Belajar dulu. Kalo udah paham aku pasti jadi lawan terberatmu! Wuakakakakaka... ups... sorry... :0

Dany Gunawan said...

Haloo teman2..
Saya baru saja nyelesai in buat Online Sudoku Solver ni.
URL Web site nya bisa dicapai di www.SudokuSolver.co.nr

Ntar mampir2 ya..

Di web site ini, kita NGGA PERLU DOWNLOAD. NGGA PELRU INSTALL. dan ini benar2 GRATIS :)
Untuk mencari solusi dari Sudoku, tinggal masukin aja angka2 nya, lalu klik tombol "Solve", dan teman2 bisa lihat solusi dari Sudoku itu dalam beberapa milli-detik aja.

Selain itu, untuk teman2 yang ingin lebih mencari tantangan, teman2 bisa melihat di daftar Sudoku2 puzzle tersulit yang telah di temukan solusinya oleh Sudoku-Solver di web site ini.

Saat ini,SudokuSolver.co.nr telah sukses menemukan solusi 407 Sudoku dari 407 request (100% sukses), dengan catatan waktu tercepat:0 millidetik dan terlambat:4360 milli-detik.


Btw, berhubung ini masih baru, mungkin teman2 bakal menemukan beberapa bugs..
Jadi, saya sangat berharap untuk bisa mendapatkan saran, kritik, komentar, hingga masukan2 dari teman2 sekalian =)


Terima kasih..
Viva Sudoku

Dany Gunawan
gunawan_dany@yahoo.com
www.DanyGunawan.com